Tuesday 9 June 2015

Cara Menginstal Alpha Skin di Delphi

Assalamu'alaikum Wr Wb
Salam DM...

Kali ini saya mau mengajarkan kepada Anda cara menginstal Skins. Sebelumnya, saya yakinkan dulu bahwa di Labtop/PC Anda sudah ada file Skins, jika belum ada silahkan download DISINI. Jika sudah Anda download, maka ikutilah langkah berikut ini.

  1. Pastikan File AlphaSkins sudah ada di PC/Labtop Anda.
  2. Pilih Tools à Environment Options à Library à Library Path

  1. Pada Ordered list of Library paths adalah $(DELPHI)\Lib. Klik tombol di samping Greyed items denote invalid path. Kemudian pilih file AlphaSkins tersebut, klik OK. Setelah file terinput, terakhir klik Add.



  1. Setelah file masuk ke Ordered list of Library paths, klik OK, dan OK lagi.
  2. Pilih File à Open. Kemudian buka file AlphaSkins Anda, pilih D7. Didalamnya ada 2 file penting yakni acntD7 dan acntD7_R. Buka kedua file ini, sehigga masing-masing kotak dialognya akan muncul dilayar PC/Labtop Anda.

Pada kotak dialog acntD7_R pilih Compile. Kemudian pada kotak dialog acntD7 pilih Install. Kemudian akan muncul informasi semua komponen palet dari AlphaSkins. Klik OK. Lihat hasilnya dengan klik kanan pada sebarang komponen palet, pilih Tab, klik AlphaTools.



Ups, belum selesai. Meskipun Skins sudah terlihat di Komponen Palet, tapi biasa masih error kalau di running. Jadi, jika terjadi kesalahan pada saat pemakaian (running), maka file acntD7, acntD7_R, dan semua skins dicopy-paste ke file Bin atau Lib yang ada di file Project yang ada di lokal C. Kemudian pastikan di lokal C juga ada file Skins (di bawah deretan Program FIle.

Jika Anda bingung cara menggunakan Skins, maka bacalah artikel yang ini "Mempercantik Form Menggunakan Skins di Delphi"

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA