Tuesday 9 June 2015

Cara Membuat Installer - Setup Menggunakan Inno Setup Compiler

Assalamu'alaikum Wr Wb

Ketemu lagi bersama saya penulis blog ini yang paling gagah, hehe. Kali ini saya mau mengajarkan kepada Anda cara membuat file installer atau sering kita sebut SETUP. Program aplikasi yang sudah kita buat yang mungkin menggunakan banyak form atau melibatkan banyak sekali cakupan materi seperti software D'Math yang sedang saya kembangkan, perlu dibuatkan sebuah file installernya agar hak kepemilikannya benar-benar milik kita, dimana disana nantinya ada licence, icon software, dan pasword atau koce installernya. 
Seperti biasa, saya yakinkan Anda dulu apakah software Inno Setup Compiler sudah terinstal di labtop/PC Anda ...? Jika belum mohon download dulu di Inno Setup Compiler.
Jika sudah, maka langsung saja. Ehh ... jangan lupa instal dulu softwanya tadi tu, hehe. Ok, lanjutkan sesuai rencana.

Perjalanan dimulai.
Buatkan file licence, pembuka, penutup, dan pasword program aplikasi Anda terlebih dahulu menggunakan Notepad. Contohnya:

File Licence: 
Euclid Versi 1.0
==============
Pasword: 
www.db-math.blogspot.com
==============
Programer
Syaharuddin Al Musthafa
==============
Jika ada saran dan kritik kirim ke:
No HP: 085737737207
www.db-math.blogspot.com
abialmusthafa@yahoo.com

File Pembuka: Akan ditampilkan saat akan memulai install.
Semoga Software ini bisa bermanfaat untuk bangsa ini.

File Penutup: Akan ditampilkan setelah install.
Terima Kasih sudah menginstal software ini, tunggu versi selanjutnya di www.db-math.blogspot.com

File Pasword: Akan diminta pasword saat melakukan install.
Pasword: www.db-math.blogspot.com

Setelah Anda membuat ke-4 file tersebut. Maka satukan file tersebut bersama Icon atau Jpeg program aplikasi Anda.

Perjalanan berikutnya: Menyiapkan file .*exe dan Membuat Installer
Silahkan bukan Inno Setup Compiler. Maka akan tampil kotak dialog berikut:


Silahkan pilih New (baru). Kemudian pilih Next (pastikan Create New Empty Script File tidak ditentang). Maka akan muncul kotak dialog kedua, silahkan isi sesuai keinginan Anda, lihat contoh di gambar bawah ini. Setelah diisi silahkan pilih Next. Kemudian pada kotak dialog selanjutnya dilewati saja, pilih Next.


Maka akan muncul kotak dialog yang berisi upload file .*exe. Silahkan klik Browse. Kemudian pilih file "Algoritma_Euclid.exe" (nama program aplikasi yang akan dibuat setup-nya). Selanjutnya Add file (s) jika dalam bentuk file, Add folder jika dalam bentuk folder. 
Perhatikan: Minimal ada 4 file yang harus di-Add yakni: Program Aplikasi, Icon/JPEG, Licence, dan Pasword. Setelah semua ter-Add, maka klik Next.

Akan muncul kotak dialog untuk pengaturan Shortcut di Wondows. Silahkan Anda centang semua item yang ada (jika perlu). Jadi, mohon dibaca dulu ya, ngerti bahasa inggris kan..., hehe. Jangan lupa Next kalau sudah selesai dicentang.


Berikutnya, akan muncul kotak dialog untuk Add 3 file yakni Licence, Pembuka (before) dan Penutup (After). Setelah selesai di-Add lanjutkan sesuai rencana, hehe.


Berikutnya lagi, Anda akan memilih bahasa program aplikasi Anda saat meng-install atau diinstal oleh orang lain (pengguna). Lanjut lagi kalau sudah pilih.


Selanjutnya, heemmmm banyak selanjutnya ya. Istirahat dulu ya ..... Lanjut aja dah. 

Akan muncul kotak dialog untuk menempatkan hasil running setup Anda, klik Browse, ya buatkan aja sebuah folder baru atau satukan filenya dengan file Licence, dkk tadi tu. Tulisan "setup" mau diganti juga tidak apa-apa, dibiarkan juga tidak apa-apa, ada tapinya, lebih baik ganti, hehe, misalnya "D'Math [Setup]". Setup Icon-nya silahkan Add dari Icon yang ada di folder Licence, dkk. Kemudian terakhir, tuliskan Setup Password-nya. Catatan: Passwordnya harus sama seperti yang ada di file Passwrod. Jangan lupa Next.


Kemudian akan muncul kotak dialog yang tinggal klik Next, hehe.


 Next lagi.


 Pilih Finish. Maka akan keluar kotak dialog untuk simpan file Inno Setup-nya. Simpanlah bersama file Licence, dkk. Kemudian klik Yes, dan Yes lagi.



Setelah hasil running selesai. Tutup software Inno Setup-nya. Kemudian ke folder software yang sudah Anda buat. Hapus file "Algoritma_Euclid.*exe". Selanjutnya double klik di "D'Math [Setup]. Ok, ikuti saja jalan ceritanya seperti menginstall program pada umumnya.


OK, akhirnya selesai juga perjalanan kita. Semoga ilmunya bermanfaat bagi Anda dan selamat membuat software asli buatan Anda menggunakan Delphi.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA