Sunday 14 June 2015

Struktur Bahasa Pemrograman Delphi




 Assalamu'alaikum Wr Wb

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang aplikasinya banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan matematika adalah “The Queen of Science”. Namun sebagian besar siswa atau mahasiswa mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dikuasai. Pendapat ini dilontarkan karena mereka kurang mengetahui akan manfaat dari matematika yang hanya sebatas rumus-rumus yang harus dihafal. Sementara berbagai konsep atau teori matematika bisa diterapkan di dalam bahasa pemrograman komputer yang nantinya bisa dijadikan media pembelajaran matematika yang motivatif, efektif dan menyenangkan sehingga matematika akan terasa mudah untuk dikuasai.
Teori atau konsep matematika tersebut dalam aplikasinya terhadap bahasa pemrograman membutuhkan sebuah algoritma dalam penyelesaian masalah. Algoritma tersebut disusun harus berdasarkan permintaan prosedur penyelesaian masalah. Sehingga langkah-langkah yang tersebut mampu menghasilkan output yang benar dan teliti.
Dalam sebuah algoritma, langkah-langkah penyelesaian masalahnya dapat berupa struktur urut (sequence), struktur pemilihan/keputusan/percabangan (selection), dan struktur pengulangan (repetition). Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstrukti suatu algoritma.
1.    Struktur Urut (sequence) adalah suatu struktur program dimana setiap baris program akan dikerjakan secara urut dari atas ke bawah sesuai dengan urutan penulisannya.
2.    Struktur Pemilihan/Percabangan/Keputusan (selection) atau Penyeleksian Kondisi. adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Struktur pemilihan dalam penulisan program diimplementasikan dengan instruksi IF (If …Then dan If…Then…Else) dan Case (Case…Of).
3.    Struktur Pengulangan (repetition) merupakan struktur yang melakukan pengulangan terhadap satu baris atau satu blok baris program beberapa kali sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Struktur pengulangan mempunyai beberapa bentuk, yakni: For…To…Do, While…Do, dan Repeat…Until.

 Wa'alaikumsalam Wr Wb

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA