Tuesday, 14 February 2017

SPLDV - Metode Determinan Menggunakan Delphi

اَلسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
 
Salam DM ...!
 
Hai calon programmer, ketemu lagi di blog saya yang sederhana ini. Sekarang saya akan mencoba berbagi pengetahuan tentang membuat program aplikasi Sistem Persamaan Linier  Dua  Variabel  Menggunakan  Metode  Determinan,  tentunya  menggunakan Delphi.
Masih ingatkan materi SPLDV. Kalau lupa, ya buka buku Matematika lagi daaah, biar gak lupa. Ingat lho, menjadi programmer itu, WAJIB hukumnya menguasai materi dulu. OK.

Perhatikan desain Form di bawah ini.

  
Yang dilingkari hitam itu, atribut dari Skins. Sudah baca tentang cara menaruh Skins pada
Form gak?, Kalau belum baca dulu “Membuat Skins Pada Form Delphi. OK, lanjut ya. Sudah di atur seperti gambar di atas? Sudah doooonk.

1.  Pada Tombol Hitung” silahkan ketik scribs berikut.

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var a1,a2,b1,b2,c1,c2,D,Dx,Dy,x,y:real;
begin a1:=strtofloat(edit1.Text); b1:=strtofloat(edit2.Text); c1:=strtofloat(edit3.Text); a2:=strtofloat(edit4.Text); b2:=strtofloat(edit5.Text); c2:=strtofloat(edit6.Text); D:=a1*b2-a2*b1;
Dx:=c1*b2-c2*b1; Dy:=a1*c2-a2*c1; x:=Dx/D;
y:=Dy/D;

edit10.Text:=floattostr(D); edit11.Text:=floattostr(Dx); edit12.Text:=floattostr(Dy); edit13.Text:=floattostr(x); edit14.Text:=floattostr(y); memo1.Clear;
end;

2.  Pada Tombol Baru” silahkan ketik scribs berikut.
edit1.Clear; edit2.Clear; edit3.Clear; edit4.Clear; edit5.Clear; edit6.Clear; edit10.Clear; edit11.Clear; edit12.Clear; edit13.Clear; edit14.Clear; memo1.Clear; edit1.setfocus;

3.  Pada Tombol Proses” silahkan ketik scribs berikut.

var a1,a2,b1,b2,c1,c2,D,Dx,Dy,x,y:real;
begin a1:=strtofloat(edit1.Text); b1:=strtofloat(edit2.Text); c1:=strtofloat(edit3.Text); a2:=strtofloat(edit4.Text); b2:=strtofloat(edit5.Text); c2:=strtofloat(edit6.Text); D:=a1*b2-a2*b1;
Dx:=c1*b2-c2*b1; Dy:=a1*c2-a2*c1; x:=Dx/D;
y:=Dy/D; edit10.Text:=floattostr(D); edit11.Text:=floattostr(Dx); edit12.Text:=floattostr(Dy); edit13.Text:=floattostr(x); edit14.Text:=floattostr(y); memo1.Clear;
memo1.Lines.Add(' ==DIKETAHUI== ');
memo1.Lines.Add(' Persamaan umumnya adalah sebagai berikut : ');
memo1.Lines.Add(' a1x + b1y = c1............(1)');
memo1.Lines.Add(' a2x + b2y = c2............(2)'); memo1.Lines.Add(' Maka diperoleh persamaan sebagai berikut : '); memo1.Lines.Add(' '+floattostr(a1)+'x + '+floattostr(b1)+'y =
'+floattostr(c1)+'............(1)');
memo1.Lines.Add(' '+floattostr(a2)+'x + '+floattostr(b2)+'y =
'+floattostr(c2)+'............(2)');

memo1.Lines.Add(''); memo1.Lines.Add(' ==DITANYA== '); memo1.Lines.Add('  D   =...........?'); memo1.Lines.Add('  Dx  =...........?'); memo1.Lines.Add('  Dy  =...........?'); memo1.Lines.Add('  x   =...........?'); memo1.Lines.Add('  y   =...........?'); memo1.Lines.Add(''); memo1.Lines.Add('==PENYELESAIAN=='); memo1.Lines.Add('D = a1 x b2 - a2 x b1');
memo1.Lines.Add('     = '+floattostr(a1)+' x '+floattostr(b2)+'
- '+floattostr(a2)+' x '+floattostr(b1)); memo1.lines.Add('D = '+floattostr(D)); memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('Dx = c1 x b2 - c2 x b1');
memo1.Lines.Add('     = '+floattostr(c1)+' x '+floattostr(b2)+'
- '+floattostr(c2)+' x '+floattostr(b1));
memo1.lines.Add('Dx = '+floattostr(Dx));
memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('Dy = a1 x c2 - a2 x c1');
memo1.Lines.Add('     = '+floattostr(a1)+' x '+floattostr(c2)+'
- '+floattostr(a2)+' x '+floattostr(c1));
memo1.lines.Add('Dy = '+floattostr(Dy));
memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('x = Dx / D');
memo1.Lines.Add('   = '+floattostr(Dx)+' / '+floattostr(D));
memo1.lines.Add('x = '+floattostr(x));
memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('y = Dy / D');
memo1.Lines.Add('   = '+floattostr(Dy)+' / '+floattostr(D));
memo1.lines.Add('y = '+floattostr(y));

4.  Silahkan di-runing programnya tau tekan F9 pada keyboard. Maka akan muncul seperti ini. Ya tentunya di-input dulu donk, baru klik tombol Hitung.


Ok, mungkin sampai disini saja ya dulu. Untuk SPLTV-nya silahkan kembangkan sendiri. Kira-kira seperti ini desainnya.


Semoga Bermanfaat.

ÙˆَالسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA