اَلسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ
ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Salam
DM ...!
Hai calon programmer, ketemu lagi di blog saya yang sederhana ini. Sekarang
saya akan mencoba berbagi pengetahuan tentang membuat program aplikasi “Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel Menggunakan Metode Determinan”,
tentunya
menggunakan
Delphi.
Masih ingatkan materi SPLDV. Kalau lupa, ya buka buku Matematika lagi daaah, biar gak
lupa. Ingat lho, menjadi programmer itu, WAJIB hukumnya menguasai materi dulu. OK.
Perhatikan
desain
Form
di bawah ini.
Yang dilingkari hitam itu, atribut dari Skins. Sudah baca tentang cara menaruh Skins
pada
Form
gak…?, Kalau belum
baca dulu “Membuat Skins Pada Form Delphi”. OK, lanjut ya. Sudah di atur seperti gambar di
atas…? Sudah doooonk.
1. Pada Tombol “Hitung” silahkan ketik scribs berikut.
procedure TForm1.Button1Click(Sender:
TObject);
var a1,a2,b1,b2,c1,c2,D,Dx,Dy,x,y:real;
begin
a1:=strtofloat(edit1.Text); b1:=strtofloat(edit2.Text);
c1:=strtofloat(edit3.Text); a2:=strtofloat(edit4.Text); b2:=strtofloat(edit5.Text);
c2:=strtofloat(edit6.Text); D:=a1*b2-a2*b1;
Dx:=c1*b2-c2*b1;
Dy:=a1*c2-a2*c1; x:=Dx/D;
y:=Dy/D;
edit10.Text:=floattostr(D);
edit11.Text:=floattostr(Dx); edit12.Text:=floattostr(Dy);
edit13.Text:=floattostr(x); edit14.Text:=floattostr(y); memo1.Clear;
end;
2. Pada Tombol “Baru”
silahkan ketik
scribs berikut.
edit1.Clear; edit2.Clear; edit3.Clear;
edit4.Clear; edit5.Clear; edit6.Clear; edit10.Clear; edit11.Clear;
edit12.Clear; edit13.Clear; edit14.Clear; memo1.Clear; edit1.setfocus;
3.
Pada Tombol “Proses”
silahkan ketik
scribs berikut.
var a1,a2,b1,b2,c1,c2,D,Dx,Dy,x,y:real;
begin a1:=strtofloat(edit1.Text);
b1:=strtofloat(edit2.Text); c1:=strtofloat(edit3.Text);
a2:=strtofloat(edit4.Text); b2:=strtofloat(edit5.Text);
c2:=strtofloat(edit6.Text); D:=a1*b2-a2*b1;
Dx:=c1*b2-c2*b1;
Dy:=a1*c2-a2*c1; x:=Dx/D;
y:=Dy/D;
edit10.Text:=floattostr(D); edit11.Text:=floattostr(Dx);
edit12.Text:=floattostr(Dy); edit13.Text:=floattostr(x);
edit14.Text:=floattostr(y); memo1.Clear;
memo1.Lines.Add(' ==DIKETAHUI== ');
memo1.Lines.Add(' Persamaan umumnya adalah sebagai
berikut : ');
memo1.Lines.Add(' a1x
+ b1y = c1............(1)');
memo1.Lines.Add(' a2x + b2y = c2............(2)');
memo1.Lines.Add(' Maka diperoleh persamaan sebagai berikut : ');
memo1.Lines.Add(' '+floattostr(a1)+'x + '+floattostr(b1)+'y =
'+floattostr(c1)+'............(1)');
memo1.Lines.Add(' '+floattostr(a2)+'x + '+floattostr(b2)+'y =
'+floattostr(c2)+'............(2)');
memo1.Lines.Add(''); memo1.Lines.Add('
==DITANYA== '); memo1.Lines.Add(' D
=...........?'); memo1.Lines.Add(' Dx
=...........?'); memo1.Lines.Add(' Dy
=...........?'); memo1.Lines.Add(' x
=...........?'); memo1.Lines.Add(' y
=...........?'); memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('==PENYELESAIAN=='); memo1.Lines.Add('D = a1 x b2 - a2 x b1');
memo1.Lines.Add('
= '+floattostr(a1)+' x '+floattostr(b2)+'
- '+floattostr(a2)+' x
'+floattostr(b1)); memo1.lines.Add('D =
'+floattostr(D)); memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('Dx = c1 x b2 - c2 x b1');
memo1.Lines.Add(' = '+floattostr(c1)+' x '+floattostr(b2)+'
- '+floattostr(c2)+' x '+floattostr(b1));
memo1.lines.Add('Dx = '+floattostr(Dx));
memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('Dy = a1 x c2 - a2 x c1');
memo1.Lines.Add('
= '+floattostr(a1)+' x '+floattostr(c2)+'
- '+floattostr(a2)+' x '+floattostr(c1));
memo1.lines.Add('Dy = '+floattostr(Dy));
memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('x =
Dx / D');
memo1.Lines.Add(' = '+floattostr(Dx)+' /
'+floattostr(D));
memo1.lines.Add('x = '+floattostr(x));
memo1.Lines.Add('');
memo1.Lines.Add('y =
Dy / D');
memo1.Lines.Add(' = '+floattostr(Dy)+' / '+floattostr(D));
memo1.lines.Add('y =
'+floattostr(y));
4. Silahkan di-runing programnya tau tekan F9 pada keyboard. Maka akan muncul
seperti ini.
Ya tentunya di-input dulu donk, baru klik tombol Hitung.
Ok, mungkin sampai disini
saja
ya dulu. Untuk SPLTV-nya silahkan kembangkan sendiri. Kira-kira seperti ini desainnya.
Semoga Bermanfaat.
ÙˆَالسَّلاَÙ…ُ
عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
No comments:
Write komentar