Biasanya dalam mengembangkan aplikasi dalam bentuk
media pembelajaran atau paling sederhana kalkulator pada materi Geometri
seperti Bangun Ruang. Terkadang kita harus melakukan control agar nilai inputan
seperti panjang, lebar, atau tinggi tidak bernilai negatif. Artinya, perlu kita
melakukan control pada inputan agar proses komputasi tidak mau berjalan kalau
inputan bernilai negatif. Misalnya kita memiliki scribs seperti berikut ini.
Var p,l,K,Lp:real;
begin
listbox1.Clear;
p:=strtofloat(e1.Text);
l:=strtofloat(e2.Text);
K:=2*(p+l);
Lp:=p*l;
listbox1.Items.Add('K = '+floattostr(K));
listbox1.Items.Add('L = '+floattostr(Lp));
end;
end;
Kalau kita menggunakan scribs di atas, maka inputan
negatifpun bisa tereksekusi. Sehingga aplikasi yang kita buat tidak realistic,
karena tidak ada nilai panjang atau lebar nilainya negatif. Maka bisa kita buat
control sebelum nilai (rumus) dieksekusi sehingga menjadi.
Var p,l,K,Lp:real;
begin
listbox1.Clear;
p:=strtofloat(e1.Text);
l:=strtofloat(e2.Text);
if (p<=0) or (l<=0) then
showmessage('Maaf, Inputan Salah')
else begin
K:=2*(p+l);
Lp:=p*l;
listbox1.Items.Add('K = '+floattostr(K));
listbox1.Items.Add('L = '+floattostr(Lp));
end;
end;
Jadi, seperti kita ketahui bersama bahwa dalam
struktur logika, kita mengenal dua kata penghubung, yakni dan (and) & atau (or). Dalam scribs di atas, kita gunakan or, bukan and, agar jika
salah satu atau kedua-duanya bernilai negatif tetap proses perhitungan tidak
bisa dilakukan. Berbeda dengan logika and,
proses baru dilakukan jika kedua-duanya bernilai negatif.
Salah satu contoh program aplikasinya bisa download
di: Cara Membuat Aplikasi Luas danKeliling Persegi Panjang Menggunakan Delphi.
Silahkan share
(dibagikan). Oya jangan lupa like ya sebagai bukti Anda pernah berkunjung ke Pustaka Matematika-ku. Terima Kasih.
Semoga bermanfaat.
No comments:
Write komentar