Sebelumnya,
kita ketahui Rumus Persegi:
L = s
x s
K = 4
x s
Dari
kedua rumus di atas, kita butuhkan variabel s sebagai inputan, serta L dan K
sebagai output. Pada kesempatan ini, saya menggunakan dua atribut untuk output.
Nanti anda bisa pilih salah satunya atau menggunakan kedua-duanya. Sehingga
bisa kita desain form seperti berikut.
Ubah
masing-masing property pada form di atas.
Komponen
|
Object Inspector
|
Keterangan
|
Form
|
Caption
|
Aplikasi Luas dan
Keliling Persegi
|
LabeledEdit1
|
Caption
Name
Font
|
Sisi
e1
12
|
LabeledEdit2
|
Caption
Name
Font
|
Luas
e2
12
|
LabeledEdit3
|
Caption
Name
Font
|
Keliling
e3
12
|
BitBtn1
|
Caption
|
Hitung
|
BitBtn2
|
Caption
|
Hapus
|
ListBox1
|
Name
Font
|
L1
12
|
Sehingga
kita peroleh desain sebagai berikut.
Pada
tombol “Hitung” tuliskan scribs
berikut.
//Definisikan Variabel
Var s,K,L:real;
begin
//Inputan
s:=strtofloat(e1.Text);
//Rumus
L:=s*s;
K:=4*s;
//Output
e2.Text:=floattostr(L);
e3.Text:=floattostr(K);
L1.Items.Add('Luas =
'+floattostr(L));
L1.Items.Add('Keliling =
'+floattostr(K));
Pada
tombol “Hapus” tuliskan scribs
berikut.
e1.Clear;
e2.Clear;
e3.Clear;
L1.Clear;
e1.SetFocus;
Lakukan simulasi.
Semoga Bermanfaat.
No comments:
Write komentar