Saturday 27 April 2019

Cara Mengajukan ISSN ke LIPI

International Standard Serial Number (ISSN) merupakan legalitas terhadapa jurnal yang kita kelola. Sekarang ini DIKTI sudah mengeluarkan peraturan bahwa setiap jurnal yang akan mengajukan akreditasi wajib memiliki ISSN versi elektronik (e-ISSN). Adapun cara mengajukan ISSN baik versi cetak maupun elektronik adalah sama. Berikut yang perlu dilakukan:


Tahap Persiapan Berkas

Adapun berkas yang perlu disediakan harus dalam versi PDF yakni: Surat Pengantar, Cover Jurnal, Susunan Pengelola, dan Daftar Isi. Sedangkan untuk versi elektronik harus sudah memiliki Website menggunakan plaform Open Journal System (OJS). 


Tahap Registrasi

Setelah semua berkas siap, selanjutnya Anda harus register ke ISSN LIPI melalui laman http://issn.lipi.go.id/. Silahkan isi biodata (formulir) sesuai keadaan jurnal Anda, kemudian Simpan. Catat baik-baik: User dan Pasword yang muncul di layar untuk login selanjutnya.



Tahap Lengkapi dan Upload Berkas
Silahkan login kembali untuk melengkapi berkas. Sebelum itu, silahkan periksa dan lengkapi kembali biodata jurnal Anda setelah login yang kedua. Kemudian upload berkas sesuai tombol yang ada. Kemudian simpan.



Tahap Verifikasi dan Pembayaran
Selanjutnya, pihak LIPI akan memeriksa berkas Anda, jika ada yang keliru maka akan diberitahuan lewat email dan lewat sistem (formulir) Anda. Harap segera perbaiki. Jika sudah ACC, maka pihak LIPI akan mengirimkan No Rekening dan Anda diminta membayar sebesar Rp200.000.

Tahap Penerbitan ISSN dan Barcode
Setelah Anda melakukan pembayaran, maka dalam beberapa hari pihak LIPI akan menerbitkan ISSN dan bacode jurnal Anda.

Catatan: Jika ingin cepat diproses, maka Anda bisa menghubungi Admin LIPI di 021 5733465 ext 3507/3508/3509. Sedangkan No Rekening ISSN LIPI sebagai berikut.

a/n BPN 088 Pusat DII - LIPI
No. 070-0000089198
Bank Mandiri Cabang Graha Citra Caraka

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA