Belajar tidak ada warnanya apabila
tidak menghasilkan pengetahuan, pembentukan sikap serta keterampilan. Oleh
karena itu, proses belajar mengajar harus mendapat perhatian yang serius yang
melibatkan berbagai aspek yang menunjang keberhasilan belajar mengajar.
Benyamin Bloom secara garis besar mengklasifikasikan hasil belajar menjadi 3
ranah, yakni ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Berikut adalah
penjelasan aspek tersebut :
1)
Ranah kognitif
Ranah kognitif adalah berkenaan dengan hasil belajar intelektual
yang terdiri dari enam aspek, yakni pengetahuan atau ingatan, pemahaman,
aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi.
2)
Ranah afektif
Ranah afektif adalah berkenaan dengan sikap dan nilai yang terdiri
dari penerimaan, jawaban, reaksi, dan organisasi.
3)
Ranah psikomotorik
Ranah psikomotorik adalah berkenaan dengan hasil belajar
keterampilan dan kemampuan bertindak individu yang terdiri dari lima aspek,
yakni gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan keharmonisan atau
ketepatan, gerakan keterampilan kompleks dan gerakan ekspresif.
Ketiga
ranah hasil belajar tersebut sangat penting diketahui oleh seorang guru dalam
merumuskan tujuan pengajaran dan menyusun alatalat penilaian, baik tes maupun
bukan tes.
No comments:
Write komentar