Wednesday 15 February 2017

Pengantar GUIDE Matlab

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

PENGANTAR GUIDE MATLAB


Salam Delphi Matlab ...!

GUIDE adalah salah satu komponen dari Matlab untuk membuat interface (desain form) proses penyelesaian persoalan matematika yang lebih efisien dan menarik. Tidak seperti m-file hanya bisa bermain di Command Windows. Di sini, Anda akan membuat form (lembar kerja) untuk masing-masing program aplikasi dengan menggunakan atribut yang sudah disediakan oleh Matlab. Silahkan Anda buka Matlab dan ketikkan di Command Windows scrib berikut:

>> guide

Kemudian tekan Enter, maka akan muncul kotak dialog berikut ini.

 
Gambar 1. Tampilan Awal Guide
Pada gambar di atas terdapat 2 menu yaitu (1) Create New GUI yakni untuk membuat guide baru dan (2) Open Exixting GUI yakni untuk membuka guide yang sudah pernah Anda buat sebelumnya yang tersimpan dalam PC/Labtop Anda. Jika Anda ingin membuat Guide baru, silahkan pilih Blank GUI (Default), kemudian pilih OK. Maka akan muncul tampilan Guide kosong dan Anda siap membuat program aplikasi dengan menggunakan atribut yang ada. Untuk mengetahui nama-nama atribut, silahkan Anda jalankan kursor maka akan muncul dengan sendirinya hint dari masing-masing atribut. Anda cukup klik sekali di atribut, kemudian klik sekali lagi di lembar kerja maka atribut tersebut siap dipakai.
Sebelum lebih lanjut Anda membuat guide, silahkan simpan program aplikasi Anda terlebih dahulu dengan meng-klik tombol simpan  pada guide atau klik File à Save à OK. Tapi ingat menulis nama porgram aplikasi tidak boleh spasi, harus menggunakan underscot (garis bawah) jika terdiri dari 2 kata atau lebih. Cara menyimpan yang lain adalah melakukan running dengan menekan tombol F5 di keyboard Labtop/PC Anda.

 
Gambar 2. Guide Kosong

Adapun fungsi dari masing-masing atribut:

 

Adapun fungsi beberapa sub tollbar dari Guide Matlab sebagai berikut:

 

Dalam pembuatan program aplikasi khususnya di bagian III ini, Anda akan banyak menggunakan atribut: Push Button, Static Text, Edit Text, ListBox, Axes, Table, dan GroupBox. Sedangkan untuk Tollbar yang sering akan digunakan adalah New, Save, Menu Editor, Tool Bar Editor, dan Run.

Semoga Bermanfaat.


وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA