Tuesday 28 March 2017

Cara Membuat Form/Lembar Evaluasi [Soal + Kunci + Hasil] Menggunakan Delphi

Umumnya, dalam membuat sebuah program aplikasi dalam bentuk media pembelajaran selalu ditutup dengan form atau lembat terakhir terkait evaluasi atau soal latihan yang bertujuan untuk mengukur keberhasilan siswa terhadap penguasaan materi yang ada dalam media tersebut. Sekarang, penulis akan berbagi pengetahuan tentang cara membuat form evaluasi yang berisi soal, kunci jawaban, dan hasil dari jawaban siswa. Adapun program yang penulis gunakan adalah software Delphi. Contoh program ini bisa juga dikembangkan menjadi Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) namun perlu desain yang lebih bagus dan dikoneksikan dengan MS Access agar lebih bagus untuk output hasil tes siswa. Ya, tentunya Anda harus menyipakan soal dan kunci jawaban terlebih dahulu agar tinggal diinputkan (desainkan).

Pertama, buatlah desain seperti gambar berikut.

 *Yang dibundari adalah komponen Skins.


Pada desain di atas, penulis menggunakan atribut sebagai berikut:
Atribut
Keterangan

Atribut
Keterangan
Label1
Petunjuk: …. dst

GroupBox1
IDENTITAS SISWA
Label2
Nama

GroupBox2
SOAL
Label3
Sekolah

GroupBox3
Kunci Jawaban
Label4
Soal No 1

RadioButton (1 – 20)
Semua Kunci Jawaban
Label5
Soal No 2

Button1
No 1
Label6
Soal No 3

Button2
No 2
Label7
Soal No 4

Button3
No 3
Label8
Soal No 5

Button4
No 4
Label9
KKM (Standar Lulus)

Button5
No 5
Label10
Betul

Button6
Cek Hasil Tes
Label11
Salah

Button7
Coba Lagi
Label12
Nilai

Button8
Cek Jawaban
Atribut
Name
Enabled
Keterangan

Edit1
e1
True
Nama

Edit2
e2
True
Sekolah

Edit3
e3
False
No 1

Edit4
e4
False
No 2

Edit5
e5
False
No 3

Edit6
e6
False
No 4

Edit7
e7
False
No 5

Edit8
e8
True
KKM

Edit9
e9
False
Betul

Edit10
e10
False
Salah

Edit11
e11
False
Nilai

Keterangan: Enabled à False (bisa diedit), Enabled à True (Tidak bisa diedit).

Kedua, definisikan variabel umum di bagian Var (lihat paling atas). Doubel klik pada Form.
var
  Form1: TForm1;
  N1,N2,N3,N4,N5,jb,js:integer;
  kkm,nilai:real;
implementation
{$R *.dfm}

Ketiga, ketikkan scribs berikut pada setiap kunci jawaban pada soal (double clik)
Soal 1
RadioButton1 (A)
e3.Clear;
e3.Text:='A';
RadioButton2 (B)
e3.Clear;
e3.Text:='B';
RadioButton3 (C)
e3.Clear;
e3.Text:='C';
RadioButton4 (D)
e3.Clear;
e3.Text:='D';
Soal 2
RadioButton5 (A)
e4.Clear;
e4.Text:='A';
RadioButton6 (B)
e4.Clear;
e4.Text:='B';
RadioButton7 (C)
e4.Clear;
e4.Text:='C';
RadioButton8 (D)
e4.Clear;
e4.Text:='D';
Soal 3
RadioButton9 (A)
e5.Clear;
e5.Text:='A';
RadioButton10 (B)
e5.Clear;
e5.Text:='B';
RadioButton11 (C)
e5.Clear;
e5.Text:='C';
RadioButton12 (D)
e5.Clear;
e5.Text:='D';
Soal 4
RadioButton13 (A)
e6.Clear;
e6.Text:='A';
RadioButton14 (B)
e6.Clear;
e6.Text:='B';
RadioButton15 (C)
e6.Clear;
e6.Text:='C';
RadioButton16 (D)
e6.Clear;
e6.Text:='D';
Soal 5
RadioButton17 (A)
e7.Clear;
e7.Text:='A';
RadioButton18 (B)
e7.Clear;
e7.Text:='B';
RadioButton19 (C)
e7.Clear;
e7.Text:='C';
RadioButton20 (D)
e7.Clear;
e7.Text:='D';

Keempat, pada tombol “Cek Hasil Tes”, ketikkan scribs berikut.

kkm:=strtofloat(e8.Text);
if (e3.Text='C') then N1:=1 else N1:=0;
if (e4.Text='C') then N2:=1 else N2:=0;
if (e5.Text='B') then N3:=1 else N3:=0;
if (e6.Text='A') then N4:=1 else N4:=0;
if (e7.Text='B') then N5:=1 else N5:=0;
begin
jb:=N1+N2+N3+N4+N5;
js:=5-jb;
nilai:=jb*100/5;
e9.Text:=inttostr(jb);
e10.Text:=inttostr(js);
e11.Text:=floattostr(nilai);
if nilai<kkm then (k11.Caption:='Ket: TIDAK LULUS')
else (k11.Caption:='Ket: LULUS');
end;
end;

Kelima, pada tombol “Coba Lagi”, ketikkan scribs berikut.

e1.Clear; 
e2.Clear; 
e3.Clear; 
e4.Clear;
e5.Clear; 
e6.Clear; 
e7.Clear; 
e8.Clear;
e9.Clear; 
e10.Clear; 
e11.Clear; 
e1.SetFocus;

Keenam, pada tombol “Cek Jawaban”, ketikkan scribs berikut.

e3.Text:='C'; 
e4.Text:='C';
e5.Text:='B'; 
e6.Text:='A';
e7.Text:='B';

Ketujuh, lakukan simulasi dengan menjawab pernyataan. Klik setiap jawaban yang menjadi pilihan Anda. Kemudian input KKM dan terakhir klik tombol Cek Hasil Tes.


Jika ingin mengubah jawaban langsung klik ulang di jawaban tersebut, maka secara otomatis jawaban Anda akan berubah di Kunci Jawaban.

Catatan: Jangan lupa untuk mengubah Position di Object Inspector menjadi poScreenCenter atau poDesktopCenter.

Download Contoh Aplikasi disini

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA