Sunday 19 March 2017

Menu Apa Saja Yang Wajib Ada Dalam Membuat Program Aplikasi …?

Program Aplikasi memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah media pembelajaran. Nah, dalam mengembangkan media pembelajaran setidaknya ada 7 menu wajib yang harus ada.

Pertama, Menu Utama, yakni menu yang memuat sub menu, tollbar atau tampilan awal dalam sebuah media. Umumnya, pada menu ini tertulis nama program aplikasi serta perusahaan atau lembaga yang mengembangkannya.

Kedua, Petunjuk, yakni menu yang memuat petunjuk penggunaan program aplikasi agar memudahkan pengguna (konsumen) mengaplikasikan program yang kita buat.

Ketiga, Menu SK, KD, dan Indikator, yakni menu yang memuat tujuan pencapaian atau garis besar dari dibuatnya program aplikasi tersebut.

Keempat, Menu Materi yakni menu yang memuat semua materi yang sedang dibahas, baik pengertian, rumus, contoh soal, gambar, dan sebagainya. Menu ini disarankan banyak menggunakan animasi atau gambar-gambar bertype gif.

Kelima, Menu Simulasi yakni menu yang memuat simulasi beberapa contoh soal atau sering juga menu ini berisi Kalkulator untuk menyelesaikan permasalahan yang disajikan.

Keenam, Menu Soal Evaluasi yakni menu uji kemampuan pengguna (siswa/mahasiswa) setelah melewati menu materi dan contoh soal. Jadi, sebagai kegiatan akhir dari penyampaian materi dalam media tersebut, maka pengguna disarankan untuk mengerjakan soal-soal yang tersedia pada menu ini agar diketahui hasil pencapaian pemahaman dari pengguna.

Ketujuh, Menu Programer yakni menu yang berisi informasi tentang pembuat atau programmer dari media tersebut.

Kemudian ada satu menu tambahan, yakni Menu Loading yakni menu awal ketika media atau program aplikasi di-runing (memulai)

Baca Ini: Membuat Media Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Menggunakan Delphi

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA