Saturday 30 December 2017

Cara Membuat Akun di Google Scholar

Google Scholar merupakan bank data tempat penyimpanan identitas hasil publikasi peneliti se-dunia. Namun tidak semua dosen atau guru memiliki akun di Google Scholar. Sementara, akun ini sangat penting dalam menilai kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian seorang dosen ataupun guru ataupun jabatan lainnya. Sekarang, penulis akan membagikan cara membuat akun di Google Scholar.

Siapkan beberapa hal berikut:
1. Buatlah akun Gmail disini: https://www.google.com/gmail/. Contoh: mathdelphi@gmail.com
2. Buatlah email afiliasi lembaga, contoh: syaharuddin@ummat.ac.id
3. Foto Anda, usahakan yang resmi, bukan yang selfi.

Langkah-langkah:
1.  Buka

2.  Login ke gmail Anda
3.  Pilih Profil Saya
4.  Isilah dengan Baik 3 langkah (Profil, Artikel, Setelan). Perhatikan contoh di bawah

5.  Pada bagian "Artikel", silahkan browsing tulisan yang pernah Anda tulis. Anda bisa menuliskan judulnya atau menulis nama Anda langsung, jika ada silahkan centang (pilih). Bagaimana kalau Anda belum pernah punya tulisan, maka silahkan pilih dulu sembarang tulisan orang lain, tapi jangan lupa di hapus nanti ya kalau sudah masuk tahap Setelan.

6. Setelah sampai pada profil Anda. Silahkan periksa kembali: (1) Verifikasi Email, silahkan Anda login ke email afiliasi Anda, kemudian klik link veirifikasi disana. (2) Tambahkan Foto Profil, silahkan load dari PC Anda. (3) Cek Paper Anda. Jika ada yang bukan tulisan Anda, maka silahkan centang semuanya, kemudian klik tombol "Hapus".

7. Jika Anda ingin menambahkan paper/tulisan lain, silahkan klik tombol "+" atau Add. Silahkan pilih "Tambahkan Artikel" atau "Tambahkan Artikel secara manual".


Semoga Bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA