Wednesday 13 March 2019

Trik Membuat Tulisan / Paper Jurnal yang Menarik dan Cepat Diterima

Publikasi ilmiah merupakan salah satu kewajiban dari Tri Darma Perguruan Tinggi seorang dosen. Di samping itu, bagi guru juga dibutuhkan saat kenaikan pangkat (syarat administrasi). Namun tidak sedikit dosen atau guru yang merasa kesulitan dalam menulis paper, sehingga gagal dalam publikasi ilmiah tersebut.

Pada kesempatan ini, penulis ingin membagikan cara menulis paper sederhana dengan baik. Semoga bermanfaat, namun sebelumnya penulis minta maaf, bukan berarti menggurui karena penulis juga sedang belajar dalam menulis paper-paper yang baik.

Judul
Judul sebaiknya singkat jelas padat. Pastikan variabel penelitian terdapat dalam judul. Kemudian sebaiknya lokasi dan tahun penelitian tidak perlu dicantumkan. Contohnya: 
Pengaruh Metode TGT Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas X SMAN 1 Empang Tahun Ajaran 2018/2019.
Judul ini bisa dirubah susunannya tapi tidak mengubah konten dari penelitiannya. Misalnya:
- Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model TGT
- Pengaruh Metode TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas X SMA
atau bisa dengan redaksi lain tanpa harus menyertakan lokasi dan tahun pelaksanaan penelitian, yang penting variabel penelitian menjadi ide pokok dalam judul tersebut.

Abstrak
Abstrak adalah ringkasan hasil penelitian berisi: Tujuan Penelitian, Metode atau Model Penelitian (Objek Penelitian, Instrumen, Metode Pengumpulan Data, Teknik Analisa Data), dan Hasil Penelitian. Jadi, pastikan 3 komponen ini disampaikan secara jelas singkat padat bagian abstrak. 
Contohnya:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Inkuiri yang valid, efektif, dan praktis. Adapun objek penelitian adalah 20 orang siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang meliputi define, design, develop, dan dissemination. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman angket dengan skala Likert 4, pedoman observasi dan interview. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa modul yang dikembangkan sudah valid dengan skor rata-rata sebesar 3,12; efektif dengan skor rata-rata sebesar 4,12; dan praktis dengan skor rata-rata sebesar 3,56. Sehingga modul yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah.
---- 
Abstrak ini hanya contoh minimal, bisa dikembangkan dan diperjelas dengan lebih baik lagi.

Pendahuluan
Pada bagian ini, Anda diminta untuk menyampaikan alasan ilmiah, referensi atau penelitian sebelumnya, sehingga terlihat road map / state of the art penelitian Anda. Kemudian urgensi dan tujuan penelitian perlu disampaikan di bagian ini. Hindari terlalu banyak menyampaikan pendapat sendiri. Jika Anda ingin menyampaikan rumusan masalah juga tidak apa-apa.

Metode Penelitian
Pada bagian ini, Anda diminta untuk menyampaikan tentang jenis penelitian, metode/model penelitian atau pengembangan yang digunakan, variabel penelitian, jumlah responden atau peserta, instrument yang digunakan, teknik dan analisa data. 

Hasil dan Diskusi
Ada juga yang menuliskan Hasil dan Pembahasan. Intinya pada bagian ini, Anda diminta untuk memaparkan hasil penelitian berupa data, grafik, dan hasil analisa data baik deskriptif dan inferensia. Kemudian dilanjutkan deskripsi terhadap hasil analisa data tersebut. Upayakan setiap tabel atau grafik diikuti oleh penjelasan what, why, for what?. Kemudian setiap pembenaran dari hasil upayakan diikuti oleh teori yang mendukung. Biasanya pada bagian ini analisa data dan penelitian relevan dicampur adukkan menjadi pembahasan yang menarik. Terakhir, di bagian ini juga disampaikan temuan-temuan baru jika ada.


Simpulan
Pada bagian ini sewajarnya berbentuk paragraf, bukan point per point. Begitu juga saran. Disini Anda diminta menulis secara singkat hasil akhir dari penelitian yang sudah Anda lakukan. Saran yang dimaksud lebih mengarah pada peneliti selanjutnya, topik apa yang perlu dikaji, kemudian boleh juga disampaikan dari penerapan jika mengembangkan produk (penelitian R&D). Jika tidak mau repot, cukup simpulan 1 paragraf dan saran 1 paragraf. 

Ucapan Terima Kasih
Bagian ini boleh ada, boleh juga tidak ada. Ucapan terima kasih kepada pembimbing, lembaga yang terkait dan telah membantu, penyedia dana (jika didanai pihak lain).

Daftar Pustaka
Bagian ini memang terlihat sederhana, tapi banyak penulis butuh waktu lama untuk mengatur dan merapikan bagian ini. Karena biasanya pihak jurnal memiliki gaya selingkungan dan style tersendiri dalam penulisan daftar pustaka atau referensi.

Anda bisa baca macam-maca style penulisan pustaka disini.

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA