Monday 29 April 2019

Submit Paper di OJS Jurnal

Pada artikel sebelumnya, penulis sudah sampaikan Cara Register di OJS2 dan OJS3 termasuk register gmail yang merupakan email aktif untuk ojs login dengan tujuan melihat perkembangan paper yang sudah Anda submit. Setidaknya ada 5 langkah yang akan dilewati ketika submit yakni: 

  • 1. START

  • 2. UPLOAD SUBMISSION
  •  
  • 3. ENTER METADATA
  •  
  • 4. UPLOAD SUPPLEMENTARY FILES
  •  
  • 5. CONFIRMATION

  • Berikut langkah-langkah submit paper: 
  • TONTON LEWAT VIDEO

    Pertama, Login menggunakan User dan Pasword Anda. Misalkan http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/login. Maka akan tampil seperti berikut ini:




    Kedua, klik "New Submission". Jika tidak ada "New Subbmission", silahkan tekan Click Here di bawah tulisan "Start a New Submission", maka Anda akan memasuki langkah pertama, pada bagian Submission Checklist dan Copyright Notice, silahkan centang semua.

    Selanjutnya, pada "Comments for the Editor", silahkan isi dengan informasi atau permintaan Anda kepada tim editor. Terakhir, tekan Save and Continue.

    Ketiga, sekarang Anda berada di langkah kedua (Step-2). Silahkan pilih (Choose File) Anda, kemudian tekan Upload. Pastikan file Anda sudah terupload. Terakhir, tekan Save and Continue.



    Keempat, sekarang Anda berada di langkah ketiga. Perhatikan beberapa bagian ini (Step-3) ini yakni: Authors, Title and Abstract, Indexing, Contributors and Supporting Agencies, dan References.
    Pada bagian (1) Authors, jika penulisnya lebih dari satu orang silahkan tekan tombol "Add Author", kemudian isi biodata penulis kedua, begitu seterusnya; (2) Title and Abstract, silahkan isi dengan Judul dan Abstrak dari paper Anda, silahkan copy-paste dua bahasa (Indonesia-English); (3) Indexing, masukan keyword (kata kunci) dari paper Anda, sedangkan Language, cukup Anda isi dengan "en"; (4) Contributors and Supporting Agencies, Anda isi dengan lembaga yang membantu Anda dalam menyelesaikan penelitian, biasanya ini untuk penelitian yang didanai misalkan Kemenristekdikti RI, jika tidak ada maka Anda boleh mengosongkannya; (5) References, isi dengan daftar pustaka yang Anda rujuk dalam paper tersebut.
    Setelah selesai Anda isi, silahkan tekan Save and Continue.


    Kelima, pada tahap ini (Step-4), Anda diminta untuk upload file tambahan seperti Grafik, Tabel, termasuk file pendukung lainnya jika file tersebut terpisah dari file paper Anda. Tapi jika Anda tidak memiliki file tambahan, langsung tekan tombol Save and Continue.


    Terakhir, pada langkah ini (Step-5), Anda hanya menekan tombol "Finish Submission".
    Sampai disini Anda sudah bisa submit di OJS 2. 

    Selanjutnya adalah cara mengecek proses review, revisi, dan upload kembali paper Anda.

    No comments:
    Write komentar

    Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

    KOMENTAR ANDA