Tuesday 23 July 2019

Cara Merevisi dan Upload Ulang Paper ke OJS Jurnal

Publikasi Jurnal merupakan kegiatan yang tidak mudah. Karena melibatkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi terutama membaca dengan cermat hasil review dari reviewer. Secara singkat, proses publikasi paper terlebih dahulu dilalui dengan membuat akun melalui menu Register, kemudian baru bisa melakukan Submit Paper melalui New Submission. Setelah melengkapi identitas paper, maka seorang Editor in Chief akan menugaskan Editor Section dan Reviewer untuk memproses paper tersebut. Setelah direview, maka paper tersebut harus direvisi dengan baik oleh Author (penulis), selanjutnya diupload kembali ke system  OJS untuk diperiksa oleh Editor. Berikut cara melakukan revisi paper dari reviewer dan mengupload kembali hasil revisi kita. 

DOWNLOAD PAPER HASIL REVIEW

Pertama, silahkan Anda login menggunakan user dan pasword saat Anda Register.
Kedua, klik Active, kemudian klik TITLE (Judul Paper Anda)
 


Ketiga, klik Review. Silahkan download dua file hasil review oleh dua reviewer.

Keempat, buka file tersebut (Ms Word). INGAT... jangan gunakan file yang berbeda, harus file dari hasil review tersebut. Bisa gunakan salah satu file sebagai file utama. Kemudian hasil komentar pada file yang lain direvisi pada file utama. 

Kelima, klik Review --> Markup. Silahkan baca dengan teliti komentar reviewer.

Terakhir, Simpan dan upload ulang paper Anda.

UPLOAD ULANG
Pertama, pastikan Anda masih login dengan akun Anda.
Kedua, klik TITLE (Judul Paper Anda)
Ketiga, klik Review. Pada bagian paling bawah ada tombol Choose File, silahkan klik dan pilih file paper yang sudah Anda revisi. Terakhir, klik tombol Upload.

Keempat, klik SUMMARY, klik Edit Metadata. Silahkan perbaiki metadata paper Anda sesuai hasil revisi tadi, terkait: Judul, Abstrak, Kata Kunci, Referensi, dan Identitas (jika perlu). Jangan lupa simpan.

Catatan:
Sering-seringlah login atau periksa akun Anda, siapa tahu ada Review Round 2. Biasanya hal ini terjadi jika Anda tidak cermat dalam merevisi paper di Round 1. So, lebih telitilah dalam merevisi paper dari hasil review.

Semoga Bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA