Thursday 18 July 2019

Cara Mendapatkan Luaran dan Dana Tambahan di PDP

Sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang Trik Membuat Proposal PDP Selalu Tembus. Jika belum baca, silahkan baca dulu. 

Nah, sekarang kita fokus ke luaran tambahan. Jadi, Skim PDP itu luaran wajibnya adalah "publikasi jurnal nasional tidak terakreditasi". Artinya, bebas jurnal yang Anda tuju yang penting tetap sesuai bidang atau topik dari penelitian Anda. Jika bingung Anda bisa kunjungi http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals. Kemudian pilih jurnal yang masuk kategori Sinta 3 - Sinta 6.


Selanjutnya, Anda ajukan luaran tambahan, cukup 4 saja:
  1. Buku Terbit ber-ISBN. Jika Anda kesulitan mencari penerbit, coba ke penerbit WADE Group. Cukup dengan 1,5juta. Buku Anda sudah terbit, dan dapat 5 Eks cetak. Proses pengerjaannya tidak lebih dari 1 bulan. Jika Anda berhasil menerbitkan buku ber-ISBN dan masuk dalam daftar penerima dana luaran tambahan, maka Dikti akan memberikan 15juta lagi kepada tim Anda, diluar dana penelitian yang telah diberikan.
  2. Hak Cipta. Anda bisa ajukan Hak Cipta buku, program komputer, modul, dan sebagainya di https://e-hakcipta.dgip.go.id. Jika bentuknya Buku, Modul, atau sejenisnya cukup 400ribu. Tapi jika bentuknya program komputer / software bayarnya 600ribu. Prosesnya tidak lebih dari 2 minggu. Jika Anda berhasil menerbitkan HKI ini dan masuk dalam daftar penerima dana luaran tambahan, maka Dikti akan memberikan 15juta lagi kepada tim Anda, diluar dana penelitian yang telah diberikan.
  3. Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi. Jurnal yang dimaksud disini adalah Jurnal yang masuk kategori Sinta 1- Sinta 2. Ingat...! Bukan Sinta 3-Sinta 6. Jika Anda berhasil menerbitkan paper Anda (selain paper yang sudah publish di Jurnal Tak Terakreditasi) dan masuk dalam daftar penerima dana luaran tambahan, maka Dikti akan memberikan 5juta lagi kepada tim Anda, diluar dana penelitian yang telah diberikan.
  4. Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi. Yang dimaksud "bereputasi' disini adalah yang terindeks Scopus atau Clarivate. Jika Anda berhasil menerbitkan paper di jurnal terindeks Scopus atau Calrivate dan masuk dalam daftar penerima dana luaran tambahan, maka Dikti akan memberikan 15juta lagi kepada tim Anda, diluar dana penelitian yang telah diberikan.
Cukup 4 ini saja yang jadi luaran tambahan Anda. Anda bisa pilih salah satu yang menurut Anda sanggup, atau semuanya jika mampu. Misalkan penelitian Anda didanai 20juta, kemudian Anda masuk penerima dana tambahan untuk Hak Cipta, maka total dana PDP yang akan Anda terima sebesar 35juta. Namun, dana tambahan ini baru bisa dicairkan oleh Dikti ke LPPM kampus Anda setelah mereka melakukan verifikasi terhadap luaran yang Anda janjikan. So, jangan takut untuk menuliskan luaran tambahan di proposal Anda. Jikapun Anda tidak bisa melakukannya, maka tidak ada tuntutan, yang penting luaran wajib sudah terpenuhi. Tapi jika terpenuhi luaran tambahan ini, maka Anda dapat koin dan point, sedangkan negara ini akan mendapatkan poin di mata dunia.


Semoga bermanfaat.


No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA